UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 28 guests and no members online

124 SISWA SMA YPK DITERIMA PTN JALUR UNDANGAN

YPK layak bersyukur atas anugerah yang diberikan atas upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan. Setelah dianugerahi kelulusan 100% dengan hasil sangat baik (24/5/2013), SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) dianugerahi prestasi gemilang lagi dengan diterimanya 124 siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat Jalur Undangan (28/5/2013). Hal ini disambut dengan rasa syukur oleh segenap civitas YPK, sekaligus dijadikan motivasi untuk terus melakukan perbaikan.

Di antara 124 siswa SMA YPK itu, ada 6 siswa yang diterima jalur international. Sebagian besar, siswa diterima di Universitas Gajah Mada (UGM), sebanyak 47 siswa. Siswa diterima di Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 27 siswa. Lainnya tersebar di berbagai PTN favorit lainnya seperti UI, ITB, IPB, UNDIP, UM, dll. Ditinjau dari jurusan, jurusan terbanyak adalah bidang teknik-teknologi, yakni 22 siswa. Di bidang ekonomi, seperti akuntansi, sebanyak 21siswa. Adapun di bidang kedokteran, diterima sebanyak 11 siswa; dan di jurusan favorit lainnya.

Jalur undangan ini merupakan jalur pertama seleksi masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Seleksi dilakukan melalui nilai siswa sejak kelas X. PTN tidak akan begitu saja percaya dan menerima nilai-nilai yang dikirimkan sekolah. Analisis, riset, dan pemantauan tentunya dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Prestasi dan rekam jejak sekolah juga menjadi pertimbangan utama bagi perguruan tinggi dalam menyeleksi siswa. Dari tahun ke tahun, siswa SMA YPK diterima di PTN terus meningkat secara signifikan. Kerja sama dan kepercayaan PTN terhadap YPK semakin meningkat seiring dengan keseriusan YPK terhadap komitmen budaya mutu. Tahun ini, SMA YPK mentargetkan setidaknya 80% siswanya diterima di PTN favorit. Untuk itu, hingga saat ini SMA YPK masih terus memberikan bimbingan belajar terhadap siswanya pasca-UN. Hal ini dilakukan dengan bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar terkemuka di Indonesia sesuai dengan harapan dan pilihan siswa. Harapannya, siswa SMA YPK siap menghadapi jalur tes seleksi masuk PTN sehingga bisa diterima dengan benar.

“Ingin masuk PTN favorit? SMA YPK siap mengantarkannya,” kata Drs. Rakim, M.Pd, kepala SMA YPK, saat ditanya kiatnya. Hal ini memang diprogramkan SMA YPK sejak siswanya kelas X melalui berbagai perlakuan. Bimbingan, arahan, hingga strategi yang baik benar dilakukan dengan serius. Guru-guru terbaik diberikan amanah dengan tugas dan evaluasi yang jelas sesuai dengan kompetensinya. Yayasan juga semakin berbenah untuk fokus pada kompetensi inti yayasan, yakni guru sebagai pelaku utama pendidikan. “Kami terus mengupayakan pendidikan terbaik dan nilai-nilai luhur bagi siswasiswi YPK,” kata Ir. Jojok Wiro Harjoso, MBA, ketua Harian YPK.